Wisuda

Alur Pendaftaran Wisuda

Assalamualaikum, Salam sejahtera untuk kita semua,

Segenap Civitas akademik Prodi Penjas FKIP ULM mengucapkan selamat dan sukses Kepada Yudisiawan dan Yudisiawati yang telah resmi di bebas tugaskan dari lika – liku, Serba – Serbi kehidupan kampus Strata-1 di Prodi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP ULM dan berhak menyandang Gelar S. Pd.

Kemudian selanjutnya ada 1 Prosesi lagi yang harus di lewati yaitu yang biasa kita sebut dengan WISUDA, sebelum masuk pada rangkaian persiapan WISUDA mohon seluruh Yudisiawan dan Yudisiawati untuk menyelesaikan segala kewajiban administrasi terkait Skripsi

  1. Mengumpul Berkas Skripsi Atau Artikel yang telah di revisi dalam bentuk Soft File pada Program Studi.
  2. Pengumpulan Bukti Publish dan Revisi Skripsi dapat dilakukan melalui Link berikut Pengumpulan Bukti Publish dan Skripsi
  3. Segera memproses tahap pendaftaran Wisuda.

A. Verifikasi Data Pokok

Langkah langkahnya adalah :

  1. Memeriksa kebenaran data pokok pada akun SIMARI di Menu Portal Wisuda , Ejaan nama , Tempat dan Tanggal Lahir sesuaikan Ijazah terakhir , Nama Ibu sesuaikan Akta Lahir ( tanpa gelar atau Hj. ), NIK sesuaikan KTP.
  2. Apabila belum sesuai lakukan perbaikan dulu dengan klik tulisan ” Form Permohonan Perubahan Data ” Tunggu hingga akses edit biodata dapat dilakukan.
  3. Setelah biodata diperbaiki dan sesuai dengan data pendukung silahkan mencetak Surat Pernyataan Data Pokok kemudian lengkapi materai , bubuhkan tandatangan mahasiswa dan Orangtua / Wali .
  4. Kemudian upload berkas tersebut untuk proses pembukaan akses form wisuda, berkas yang di lampirkan adalah :
    • a. Surat pernyataan Verifikasi Data Pokok download dari SIMARI (Asli Bermaterai)
    • b. Scan Ijazah Terakhir ( ijazah SMA/SMK/ MA)
    • c. Scan Akta Kelahiran
    • d. Scan Kartu Tanda Penduduk
    • upload pada link berikut Upload Berkas Verifikasi Data Pokok (Format File PDF Gabung dan beri nama filenya NIM_NAMA Contoh : A1B123123_Andi Permata )
  5. Simpan File soft atau hard Surat Pernyataan Data Pokok anda, karena akan digunakan kembali saat proses verifikasi pendaftaran Wisuda .

B. Pendaftaran Wisuda

Pendaftaran Wisuda dapat dilakukan secara online dimana dalam Portal Wisuda WAJIB mengupload File PDF Skripsi atau Artikel (FULL) dan Scan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP).

  1. Untuk File PDF Skripsi atau Artikel yang Telah di revisi dengan Ukuran maksimal 5 MB, File keseluruhan Skripsi atau Artikel mulai halaman Cover sampai lampiran , untuk halaman pengesahan , persetujuan, pernyataan Keaslian tulisan kemudian surat Lampiran, wajib ber tanda tangan dan Stempel yang berwenang pada halaman pengesahan .
  2. Pengurusan SERTIFIKAT PLAGIASI pada Pengelola JTAM Prodi ( Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa) dengan Bapak Ramadhan Arifin, S. Pd., M. Pd.  sertifikat Plagiasi diterbitkan apabila telah menyelesaikan pengecekan Plagiasi dan melakukan Publikasi ,
  3. Surat Keterangan Bebas Pustaka ( SKBP ) dapat di peroleh setelah mendapatkan untuk pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka ( SKBP ) dapat di akses secara online melalui Link : http://digilib.ulm.ac.id/archive/laporan/ , untuk problem gagal log in silahkan kontak admin pada web tersebut, setelah mendapatkan SKBP kemudian scan SKBP tersebut dengan format JPG dengan ukuran maksimal 512 KB.

Setelah seluruh persyaratan tersebut disiapkan Silahkan melakukan pendaftaran Wisuda melalui akun https://simari.ulm.ac.id , pada menu ” PORTAL WISUDA ” pastikan kebenaran dan kesesuaian data yang kita isikan pada formulir pendaftaran WISUDA

Ganti foto profil pada form wisuda dengan format JPG / JPEG dengan Ukuran tidak melebihi 100 kb seperti contoh di bawah ini

Setelah pendaftaran berhasil silahkan Melakukan Validasi pendaftaran dengan mengupload berkas persyaratan pada link http://bit.ly/verifikasiwisudafkipulm dan mengumpul berkas tersebut Pada Sub Bagian Akademik FKIP ULM berkas tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Foto Copy KTM
  2. Foto Copy KTP
  3. Foto Copy Ijazah Terakhir
  4. Foto Copy Surat Keterangan Lulus ( SKL )
  5. Abstrak dalam Bahasa Inggris yang di TTD Pembimbing 1 atau Pembimbing 2
  6. Foto Copy Kartu Keluarga
  7. Foto Copy Akta Lahir
  8. Materai 10.000

Nah.. sampai disini untuk proses pendaftaran WISUDA telah selesai silahkan memantau perkembangan informasi di https://simari.ulm.ac.id, http://fkip.ulm.ac.id/ atau instagram @akademikfkipulm dan Grup Telegram Wisuda.

Kemudian Sembari menunggu pelaksanaan WISUDA dipersilahkan untuk mengurus kelengkapan untuk pengambilan IJAZAH dan TRANSKRIP NILAI S-1.

Yang mana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menetapkan beberapa syarat yaitu :

  1. Status Terminal asli.( yang sudah lengkap bertandatangan dan berstempel pihak yang berwenang ). Dapat di unduh di File Status Terminal
  2. Fotokopi hasil Tes TOEFL.( untuk pendaftaran TOEFL bisa dilaksanakan di lab Bahasa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM atau pada Lab Bahasa ULM  https://upabahasa.ulm.ac.id/  ).
  3. Bukti Pembayaran Wisuda.( untuk yang satu ini di dapatkan setelah pengumuman pelaksanaan wisuda dan tanggal pengambilan undangan wisuda di tetapkan ). (untuk NON UKT / diatas angkatan 2012) bisa ke Bag Akademik FKIP untuk konfirmasi.
  4. Memo dari Koordinator Program Studi masing-masing. ( untuk syarat yang ini mahasiswa/i silahkan mempersiapkan dan mengupload berkas berikut di Memo Program Studi Pendidikan Jasmani pada poin nomor 9.
    • a. Scan Status Terminal.( yang sudah lengkap bertandatangan )
    • b. Scan Surat Keterangan Lulus ( SKL)
    • c. Scan Surat Keterangan Bebas Pustaka
    • d. Scan Sertifikat Plagiasi dan atau Bukti Publikasi Jurnal Tugas Akhir
    • e. Scan Sertifikat Hasil Tes Toefl
    • f. Scan Kwitansi Sumbangan IKA Alumni
    • g. Scan HKI Artikel
    • h. File PDF Skripsi atau Artikel

Poin a,b,c d dan e di buat dalam 1 File PDF